masukan kata kunci

Sabtu, 28 Juli 2012

Apa itu Kimia???


Pengertian Kimia



Kimia merupakan ilmu pengetahuan alam (sains) yang mempelajari tentang komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. 

Sejarah Kimia



Sejarah kimia dimulai lebih dari 4000 tahun yang lalu dimana bangsa Mesir mengawali dengan the art of synthetic "wet" chemistry. 1000 tahun yang lalu masyarakat purba telah menggunakan teknologi  yang akan menjadi dasar terbentuknya berbagai macam cabang ilmu kimia. Tetapi mereka tidak berusaha untuk memahami hakikat dan sifat materi yang mereka gunakan serta perubahannya, sehingga pada zaman tersebut ilmu kimia belum lahir.



Para ahli filsafat Yunani purba sudah mempunyai pemikiran bahwa materi tersusun dari partikel-partikel kecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Namun konsep tersebut hanyalah pemikiran yang tidak ditunjang oleh eksperimen, sehingga belum pantas disebut sebagai teori kimia.



Ilmu kimia sebagai ilmu yang melibatkan  kegiatan ilmiah dilahirkan oleh para ilmuwan muslim bangsa Arab dan Persia pada abad ke-8. Salah seorang bapak ilmu kimia yang terkemuka adalah Jabir Ibn Hayyan (700-778), yang lebih dikenal di Eropa dengan nama Latinnya, Geber. Ilmu yang baru itu diberi nama al-kimiya (bahasa Arab yang berarti "perubahan materi"). Dari kata al-kimiya inilah segala bangsa di muka bumi ini meminjam istilah : alchemi (Latin), chemistry (Inggris), chimie (Perancis), chemie (Jerman), chimica (Italia),  dan kimia (Indonesia).

Kimia di Sekitarmu



Segala hal yang kamu cium, kamu, dengar, kamu sentuh, dan kamu rasakan berkaitan dengan kimia. Ketika kamu merasakan sesuatu, menyentuhnya, mendengarnya, maka terjadilah serangkaian reaksi kimia di dalam tubuhmu.



Kimia ada dimana-mana. Udara yang kamu hirup setiap hari mengandung unsur kimia, seperti Hidrogen dan Nitrogen. Air yang kamu minum adalah gabungan dari unsur-unsur kimia yang terdiri dari Hidrogen dan Oksigen yang saling berikatan membentuk senyawa. Begitupun materi-materi lain yang ada di alam ini tersusun dari bahan-bahan kimia. Itulah sebabnya penting mempelajari kimia agar kamu paham bagaimana suatu peristiwa terjadi di dunia ini. Yuk, pelajari kimia agar kamu semakin paham bagaimana materi yang ada di alam ini saling berinteraksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar